situgaskelas | Macam - Macam Rumus Fungsi Pada Microsoft Office Exel - Tentunya kamu pasti pernah memakai produk Microsoft, produk ini adalah sebuah software yang berfungsi untuk membantu dalam aktifitas dokumentasi, persuratan dan perkantoran, selain itu sebagai siswa maupun mahasiswa kamu juga akan bertemu dengan software Microsoft word
Microsoft ditemukan oleh bill gates seorang jenius yang mendirikan perangkat lunak bersama temannya Paul Allen, bill gates masuk kedalam jajaran orang terkaya dunia
Pada prakteknya kita sering menggunakan Microsoft word untuk mengetik, mengerjakan tugas rumah, menulis surat dan masih banyak lagi, hamper setiap orang tidak bisa terlepas dari perangkat lunak Microsoft word
Selain Microsoft word masih ada beberapa produk office yang sangat canggih guna membantu kinerja dokumen, diantaranya
1. Microsoft Word
2. Microsoft Exel
3. Microsoft Access
4. Microsoft Power Point
5. Microsoft InfoPath Filler
7. Microsoft OneNote
8. Microsoft Outlook
9. Microsoft Publisher
10. Microsoft SharePoint WorkSpace
Diantara berbagai produk Ms. Office tersebut manakah yang telah kamu kuasai, jika kamu telah menguasai semua produk tersebut kamu termasuk orang yang hebat
Dunia belajar maupun dunia kerja tidak lepas dengan namanya matematika, walaupun tidak serumit seperti matematika saat pelajaran sekolah perhitungan yang banyak akan membuat pusing kepala, dan jika tidak konsisten dan focus maka perhitungan akan cenderung mengalami kelalain
Untuk itu perlu belajar Ms. Exel program yang membantu perhitungan secara cepat, tepat dan akurat, ketelitian dibutuhkan pada saat input data, jika input data benar dan proses benar maka dipastikan hasil 100% benar
Diantara fungsi sederhana perhitungan matematika yang sering digunakan adalah sebagai berikut ini :
1. Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk penjumlahan, selain itu ada juga MAX, MIN dan COUNT. MAX mencari nilai tertinggi, MIN mencari nilai terendah dan COUNT mencari banyaknya data, fungsi SUM dalam exel seperti berikut ini
=SUM() : untuk menggunakannya tinggal sorot data yang ingin diketahui jumlahnya
2. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata – rata dari keseluruhan data baik horizontal maupun vertical, dengan menggunakan menu average akan sangat efektif dan lebih cepat, fungsi dalam exel sebagai berikut
=AVERAGE() : sama halnya dengan fungsi SUM cara menggunakannya dengan menyorot data yang ingin dicari nilai rata – ratanya
3. Fungsi IF
Fungsi ini disebut dengan fungsi logical, karena dengan fungsi ini biasanya didapatkan nilai yang rumit hasil dari fungsi logika, fungsi ini sering digunakan pada dunia pendidikan untuk menentukan nilai amang batas lulus atau tidak lulus, dalam exel fungsi ini diwakili dengan rumus sebagai berikut :
=IF(logical_test, [value_if_true, [value_if_false] : untuk mengaplikasikannya harus menentukan fungsi logika lebih dulu
Demikianlah macam - macam rumus fungsi pada microsoft office exel yang paling sering dan dominan digunakan, untuk praktiknya akan dibahas pada artikel berikutnya, semoga bermanfaat
Microsoft ditemukan oleh bill gates seorang jenius yang mendirikan perangkat lunak bersama temannya Paul Allen, bill gates masuk kedalam jajaran orang terkaya dunia
Pada prakteknya kita sering menggunakan Microsoft word untuk mengetik, mengerjakan tugas rumah, menulis surat dan masih banyak lagi, hamper setiap orang tidak bisa terlepas dari perangkat lunak Microsoft word
Selain Microsoft word masih ada beberapa produk office yang sangat canggih guna membantu kinerja dokumen, diantaranya
1. Microsoft Word
2. Microsoft Exel
3. Microsoft Access
4. Microsoft Power Point
5. Microsoft InfoPath Filler
7. Microsoft OneNote
8. Microsoft Outlook
9. Microsoft Publisher
10. Microsoft SharePoint WorkSpace
Diantara berbagai produk Ms. Office tersebut manakah yang telah kamu kuasai, jika kamu telah menguasai semua produk tersebut kamu termasuk orang yang hebat
Dunia belajar maupun dunia kerja tidak lepas dengan namanya matematika, walaupun tidak serumit seperti matematika saat pelajaran sekolah perhitungan yang banyak akan membuat pusing kepala, dan jika tidak konsisten dan focus maka perhitungan akan cenderung mengalami kelalain
Untuk itu perlu belajar Ms. Exel program yang membantu perhitungan secara cepat, tepat dan akurat, ketelitian dibutuhkan pada saat input data, jika input data benar dan proses benar maka dipastikan hasil 100% benar
Diantara fungsi sederhana perhitungan matematika yang sering digunakan adalah sebagai berikut ini :
1. Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk penjumlahan, selain itu ada juga MAX, MIN dan COUNT. MAX mencari nilai tertinggi, MIN mencari nilai terendah dan COUNT mencari banyaknya data, fungsi SUM dalam exel seperti berikut ini
=SUM() : untuk menggunakannya tinggal sorot data yang ingin diketahui jumlahnya
2. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata – rata dari keseluruhan data baik horizontal maupun vertical, dengan menggunakan menu average akan sangat efektif dan lebih cepat, fungsi dalam exel sebagai berikut
=AVERAGE() : sama halnya dengan fungsi SUM cara menggunakannya dengan menyorot data yang ingin dicari nilai rata – ratanya
3. Fungsi IF
Fungsi ini disebut dengan fungsi logical, karena dengan fungsi ini biasanya didapatkan nilai yang rumit hasil dari fungsi logika, fungsi ini sering digunakan pada dunia pendidikan untuk menentukan nilai amang batas lulus atau tidak lulus, dalam exel fungsi ini diwakili dengan rumus sebagai berikut :
=IF(logical_test, [value_if_true, [value_if_false] : untuk mengaplikasikannya harus menentukan fungsi logika lebih dulu
Demikianlah macam - macam rumus fungsi pada microsoft office exel yang paling sering dan dominan digunakan, untuk praktiknya akan dibahas pada artikel berikutnya, semoga bermanfaat
Post a Comment
Post a Comment
=> Silahkan komentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar yang menggunakan link tidak akan dipublish